Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia (UI) Program Sarjana Reguler tahun ini diselenggarakan melalui jalur PPKB (Program Prestasi dan Pemeratan Kesempatan Belajar), jalur Seleksi Nasional atau dikenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur Seleksi oleh UI bekerjasama dengan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PSPMB) Nusantara yang dikenal dengan Ujian Masuk Bersama (UMB). Biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui seleksi PPKB, SNMPTN dan UMB adalah sama dan ditetapkan dengan memperhatikan kemampuan penanggung biaya pendidikan. Besaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) per semester berkisar antara Rp 100 ribu – Rp 5 juta (untuk rumpun ilmu sosial dan humaniora) dan antara Rp 100 ribu – Rp 7.5 juta (untuk rumpun kesehatan dan rumpun sains dan teknologi). Selain itu, UI memberikan Beasiswa lebih dari 20 milyar/tahun berupa “Beasiswa Seribu Anak Bangsa” dan skema beasiswa-beasiswa lain untuk mahasiswa Program Sarjana Reguler yang diterima melalui PPKB, SNMPTN dan UMB.

Keterangan lebih lengkap mengenai ketiga jalur diatas adalah sebagai berikut : Jalur Pertama, Program Prestasi dan Pemeratan Kesempatan Belajar (PPKB) adalah program pemerataan kesempatan belajar dimana UI mengirimkan undangan kepada siswa SMA yang berprestasi di seluruh Indonesia.

Jalur Kedua, Ujian Masuk Bersama (UMB) adalah Seleksi Ujian Masuk yang diselenggarakan oleh UI bekerjasama dengan Perhimpunan SPMB Nusantara. Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur ini sekitar 3318 atau 80% dari seluruh daya tampung mahasiswa UI untuk Program Sarjana Reguler 2008. Pendaftaran UMB diawali dengan pembayaran di Bank BNI di seluruh Indonesia sejak tanggal 19-30 Mei 2008. Pendaftaran untuk lokal Jakarta berlangsung pada 26 Mei-30 Mei 2008 di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur. Pendaftaran UMB di Jakarta dilakukan dengan 2 cara, yaitu pendaftaran cara kolektif melalui sekolah dan pendaftaran cara perorangan. Peserta pendaftaran cara kolektif mendaftar melalui sekolah masing-masing kemudian diteruskan oleh sekolah melalui Sub Rayon Ujian Nasional SMA dan SMK di Jakarta atau ke Sekretariat Panitia Lokal Jakarta PSPMB-UMB di Jl Salemba Raya 4 Jakarta Pusat telp. 31930339. Biaya pembelian formulir sebesar Rp 175 ribu untuk program IPA/IPS dan Rp 200 ribu untuk Program IPC. Sedangkan Pendaftaran di wilayah lain akan dimulai tanggal 27 Mei 2008 hingga 4 Juni 2008 di beberapa tempat pendaftaran yaitu Medan (Kampus USU), Padang (Kampus UNP), Yogyakarta (Kampus Widya Mataram), Surabaya (Gedung Amarta-Kopertis wilayah VII, Jl Kertajaya Indah Timur No. 55) dan Makasar (Kampus UNHAS). Ujian seleksi diselenggarakan 7-8 Juni 2008 di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar dan tempat-tempat yang akan ditentukan kemudian. Materi Ujian meliputi materi kemampuan kuantitatif dan bahasa (Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris), materi Kemampuan IPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, IPA Terpadu) bagi yang memilih IPA, materi Kemampuan IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi, IPS terpadu) bagi yang memilih IPS. Bagi calon mahasiswa yang memilih IPC harus mengikuti tes kemampuan seluruhnya. Hasil UMB 2008 ini akan diumumkan pada 21 Juni 2008.

Jalur Ketiga, calon mahasiswa UI dapat memilih jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN). SNM-PTN adalah ujian seleksi nasional yang diselenggarakan oleh panitia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Depdiknas). Untuk jalur ini UI menerima mahasiswa baru sebanyak 20%. Jalur ini akan dimulai pendaftarannya pada 16-26 Juni 2008 dan ujian SNM-PTN dilaksanakan pada 2-3 Juli 2008.

(humas-ui/19 Mei 2008)

Koment kangassep : “Semakin hari semakin MAAHALLL….!!!!!”

Advertisements